Headline

Abustani Ilyas: Kenaikan Biaya Kuliah Bukan Kebijakan Dekan



Dekan FDK (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Prof. Dr. H. Abustani Ilyas, MAg, membantah kenaikan biaya kuliah di di FDK adalah kebijakan Dekan. Abustani yang ditemui washilah (15/10) mengatakan, kenaikan sebesar Rp 200 ribu rupiah tersebut berdasarkan Rapat Pimpinan (Rapim). “Saya kira, jurusan juga tahu akan hal ini,” tegasnya. Namun, ketua jurusan Jurnalistik, Ramsiah Tasruddin SAg MSosI, ketika diwawancarai melalui via telepon menyatakan, memang sejauh ini belum ada konfirmasi dari jurusan (23/10).

“Jadi begini ya, kenaikan itu bukan berdasarkan kebijakan jurusan. Bahkan, kenaikan itu tidak ada konfirmasi ke jurusan. Kami cuma disuruh mensosialisasikan kepada mahasiswa. Tetapi, kenaikan SPP ini memang untuk membiayai praktikum mahasiswa. Seperti Teknik Penulisan, Fotografer untuk jurusan Jurnalistik meskipun di jurusan Jurnalistik sementara masih dirancang akan seperti apa bentuk praktikum itu,” ujar Abustani.
Abustani menambahkan, selain rencananya ditujukan untuk meningkatkan SDM mahasiswa melalui praktikum-praktikum, juga untuk biaya Praktek Pengajaran Lapangan (PPL) dan tentunya dikelola oleh masing-masing jurusan. “Setahu saya, kenaikan biaya kuliah ini hanya berlaku pada saat semester awal. Kelak para mahasiswa tidak lagi dikenakan pungutan biaya PPL karena dana ini akan dialokasikan sebagian ke sana. Kan, sekarang ada larangan untuk pungutan biaya terhadap mahasiswa.”
Ketika ditanyakan tentang kapan praktikum akan dimulai, Abustani mengatakan bahwa untuk sementara belum ada praktikum karena dikhawatirkan akan tumpang tindih dengan pelaksanaan Pencerahan Imani dan Keterampilan Hidup (PIKIH) yang sementara dijalani oleh mahasiswa baru.(AnHy)

Post a Comment